KONFIGURASI RIPv2(Routing Information Protocol)


 Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Disini saya akan menjelaskan konfigurasi RIPv2(Routing Information Protocol) dengan Cisco Packet Tracer.
  1. Buatlah topologi seperti gambar di bawah ini.
  2. Saya akan menamakan SOLO yang di sebelah kiri, tambahkan IP da SubnetMask nya yang akan menuju ke SEMARANG yang di tengah.
  3. Kemudian di SEMARANG tambahkan IP da SubnetMask nya yang menuju ke SOLO yang di sebelah kanan. Masih di Router tengah sekarang saya tambahkan IP da SubnetMask nya yang menuju ke SURABAYA.

  4. Sekarang kita ke Router SURABAYA disini tambahkan IP dan SubnetMask nya yang menuju ke SEMARANG.
  5. Saya kembali ke Router SOLO kita akan konfigurasi Router RIPv2 nya.
  6. Saya pindah ke Router SEMARANG untuk konfigurasi Router RIPv2.
  7. Pindah lagi ke Router SURABAYA untuk konfigurasi Router RIPv2.
  8. Kemudian saya konfigurasi Interface Loopback nya kembali pada Router SOLO.
  9. Lalu untuk SEMARANG.
  10. Lalu untuk SURABAYA.
  11. Jika selesai sudah saya akan melihat dengan cara show ip route berhasil atau tidaknya disitu akan tertera IP dengan simbol R yaitu RIP.

Sekian, dari yang dapat saya jelaskan tentang konfigurasi RIPv2.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Post a Comment

0 Comments