KONFIGURASI VTP(Vlan Trunking Protocol)


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Saya akan menjelaskan konfigurasi VTP atau Vlan Trunking Protocol di Cisco Packet Tracer.
VTP(Vlan Trunking Protocol) adalah protocol yang mengatur Vlan pada beberapa Switch sekaligus dalam VTP dalam domain yang sama. VTP dapat menambah, men delete, dan me rename VLAN dalam beberapa Switch.
VTP merupakan protocol Cisco properiotary. Konfigurasi VLAN disimpan dalam file database VLAN.
VTP terbagi menjadi tiga, yaitu:
  1. Server(Default).
  2. Transparent.
  3. Client.


  1. Buat topologi seperti gambar di bawah ini di gambar saya memposisikan kabel dari Switch 1 ke 2 dengan fa0/1 dan Switch 2 ke 3 fa0/2 ke fa0/1 lalu Switch 3 ke 4 fa0/2 ke fa0/1 agar konfigurasinya lebih mudah.
  2. Konfigurasi Switch pertama yang saya menamai dengan Server lalu buat 4 Vlan yang pertama VLAN 10, VLAN 20, VLAN 70, dan VLAN 80.
  3. Kemudian konfigurasi Switch kedua yang saya menamai dengan Transparent disini buat 2 Vlan yaitu VLAN 30, dan VLAN 40.
  4. Lalu konfigurasi Switch ketiga, Switch ini saya menamakan dengan Client disini buat 2 VLAN yaitu VLAN 50, dan VLAN 60.
  5. Konfigurasi Switch keempat disini namanya Server 2 lalu buat VLAN 70, dan VLAN 80.
  6. Lalu balik ke Switch pertama sekarang konfigurasi VTP seperti gambar di bawah ini.
  7. Lalu pindah ke Switch kedua sekarang konfigurasi VTP seperti gambar di bawah ini.
  8. Lalu pindah ke Switch ketiga sekarang konfigurasi VTP seperti gambar di bawah ini.
  9. Lalu pindah ke Switch keempat sekarang konfigurasi VTP seperti gambar di bawah ini.
  10. Sekarang saya trunking fa0/1 dan fa0/2 lanjut ke mode trunk dengan script int range fa0/1-2.
  11. Lalu saya masukan script sh vlan disetiap Switch untuk di Server dan kedua akan 4 VLAN.
  12. Di Transparent ada 2 VLAN.
  13. Untuk di Client ada 4 VLAN.


Sekian dari yang saya jelaskan tentang konfigurasi VTP(Vlan Trunking Protocol) semoga bermanfaat untuk kalian.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Post a Comment

0 Comments